Contoh SK Panitia dan Formulir Pendaftaran PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 Untuk Jenjang Sekolah Dasar

 

SK PANITIA DAN FORMULIR PENDAFTARAN PPDB
TAHUN PELAJARAN 2023/2024


PPDB adalah proses penerimaan siswa baru yang dirancang agar penerimaan siswa baru terancang dengan baik sehingga sekolah dapat melakukan efisiensi pembiayaan dan mengurangi risiko terjadinya KKN. Sistem PPDB dapat dilakukan secara luring maupun daring, tergantung kemampuan dari tiap sekolah atau daerah. Ada 4 jalur penerimaan yang diperbolehkan dalam APBD, yaitu jalur zonasi (50%), jalur perpindahan orangtua/wali (5%), jalur afirmasi (15%), dan jalur prestasi (30%). Jalur zonasi merupakan jalur pendaftaran dengan kuota terbesar dalam PPDB, yakni 50% dari daya tampung sekolah. Jalur zonasi mengutamakan siswa yang beralamat dekat sekolah untuk diterima lebih dulu.

Diawal tahun pelajaran baru, akan dilaksanakan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) maka dari itu sekolah wajib membentuk panitia PPDB untuk menerima pendaftaran calon peserta didik baru di sekolah. Untuk mendapatkan data calon peserta didik baru sekolah harus membuat formulir pendaftaran untuk kelengkapan data administrasi calon peserta didik baru yang akan terdaftar di sekolah nantinya.

Dalam pelaksanaan PPDB, sekolah perlu memperhatikan hal-hal sebagaiberikut :
  1. Bagi sekolah negeri dan swasta agar dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan
  2. Bagi sekolah swasta, supaya menyampaikan dan melaporkan PPDB kepada Bidang terkait di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pandeglang.
Persyaratan Administrasi PPDB diantaranya sebagaiberikut :
  1. Fotocopy Ijasah PAUD / TK;
  2. Fotocopy Akte Kelahiran;
  3. Fotocopy KTP Orang Tua / Wali;
  4. Fotocopy Kartu Keluarga;
  5. Foto 3x4 Backgroun Merah;
  6. Fotocopy KPS / KKS (Jika menerima);
  7. Beserta dokumen lainnya yang dianggap perlu (Permintaan dari Sekolah)

Berikut ini kami bagikan contoh SK Panitia dan Formulir PPDB format Word dan Excel ukuran F4 yang dapat di edit dan di sesuaikan dengan identitas sekolah dan Administrasi PPDB lainnya yang diperlukan.

Contoh SK Panitia PPDB dan Formulir Pendaftaran Peserta Didik Baru dapat di download melalui tautan berikut :


Download Juga Juknis Nomor : 400.3.5.1/2688-Diskpora/2023 tentang PPDB Pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2023/2024 melalui tautan dibawah ini :


Demikian Contoh SK Panitia PPDB dan formulir pendaftaran siswa baru tahun 2023/2024 untuk jenjang sekolah dasar untuk mempermudah pendaftaran siswa. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikle ini, Semoga dapat bermanfaat.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama